Iman Mengalahkan Dunia

Bagaimana Bisa Iman Mengalahkan Dunia?

1 Yohanes 5:1-5 (TB)
“Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga dia yang lahir dari pada-Nya.
Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?”

Shalom saudara yang dikasihi Tuhan !

Dalam judul perikop pada pasal 1 Yohanes 5 : 1-5 yang kita baca ini dikatakan “Iman Mengalahkan Dunia”, yang artinya bahwa ada yang kita kalahkan yaitu dunia.

Untuk kita bisa menang atas apa yang akan kita hadapi, kita harus tahu dulu apa yang akan kita hadapi tersebut. Sebagai contoh kalau kita ingin menang dalam hal apapun, kita harus tahu apa dan siapa yang akan kita hadapi.

Demikian juga dalam judul khotbah hari ini yaitu kita menghadapi dunia, untuk itu mari kita selidiki apa yang harus kita hadapi dan menangkan.

Apa Itu Dunia

Mari kita baca kitab 1 Yohanes 2:16 (TB) “Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia”.

Alkitab dengan jelas mengatakan bahwa semua yang ada dalam dunia ini adalah mencakup 3 hal besar ini, yaitu :

  1. Keinginan Daging Galatia 5:19-21 “Perbuatan daging telah nyata: yaitu: pencabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, irih hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semua itu kuperingatkan kamu -seperti yang telah kubuat dahulu- bahwa barang siapa yang melakukan hal hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah”.
  2. Keinginan mata : Amsal 27:20 (TB) Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, demikianlah mata manusia tak akan puas.
    Matius 6:22 (TB) Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;
  3. Keangkuhan hidup (kesombongan)
    Amsal 8:13 (TB) “Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat”.
    Amsal 18:12 (TB) “Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan”.

Angkuh dalam bahasa Indonesia punya banyak padanan kata seperti sombong, congkak, pongah, takabur dan sebagainya. Semua ini mengarah pada pengertian yang sama, yaitu menghargai diri secara berlebih-lebihan dan memandang orang lain lebih rendah dari diri sendiri.

Bagaimana Kita Bisa Mengalahkan Dunia ?

A. Percaya Yesus Kristus  (1 Yohanes 5 : 1a)

Yunani πίστις (pistis), sedangkan kata kerja­nya “percaya” adalah terjemahan dari kata πιστεύω (pisteuoo)
Yohanes 20:29 (TB) Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

sudahkah anda percaya ?

arti percaya :

  1. Percaya dan menerima bahwa sesuatu itu benar, (Yesus Kristus telah mati dikayu salib untuk pengampunan dosa, dibangkitkan pada hari yang ke-3, dan naik ke surga)
  2. Mengandalkan/mempercayakan diri kepada Tuhan
  3. setia dan taat.
B. Lahir dari Allah/ lahir baru (1 Yohanes 5 : 1b)

Yohanes 3:3 (TB) Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Sudahkah anda lahir baru ?

Lahir baru adalah momen ketika engkau mendengar Firman Tuhan dan percaya, Roh Kudus akan menginsyafkan engkau akan dosa-dosa mu (Yohanes 16:8) dan engkau menyadari bahwa engkau orang berdosa, dan engkau butuh seorang penebus dan pembebas yaitu Tuhan Yesus kristus, saat itu engkau akan mengalami perubahan bathin yang supranatural (manifestasinya untuk setiap orang berbeda-beda, ada yang menangis, ada yang mengalami damai sejahtera yang luar biasa, ada yang mengalami rasa sukacita yang luar biasa, dll)

Engkau akan memiliki hati yang baru yang lahir dari Allah (Yehezkiel 36:26), sebab benih Ilahi sekarang ada padamu (1 Yohanes 3:9)

Selanjutnya berilah dirimu dibaptis. (Yohanes 3:5 ; Markus 16:16)

Lahir baru juga berarti : Perubahan yang dikerjakan oleh Roh Kudus atas orang orang yang percaya.

C. Kasih kepada Allah dan sesama terlebih saudara seiman (1 Yohanes 5 : 2)

Markus 12:30-31 (TB) “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.
Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”

D. Setia dan Taat Menuruti Firman Tuhan (1 Yohanes 5 : 3)

Kesimpulan :

  1. Iman yang mengalahkan dunia adalah Iman yang percaya Yesus Kristus dan dilahirkan dari air dan Roh
  2. Natur Iman kita anak-anak Tuhan seharusnya bisa mengalahkan dunia karena kita dilahirkan Oleh Allah, sebab benih Ilahi ada dalam kita.
  3. Marilah kita memperkuat Iman Percaya kita melalui doa, pujian dan penyembahan serta pembacaan Firman Tuhan, sebab Iman timbul dari pendengarn dan pendengaran akan Firman Kristus

Amin ! TUHAN MEMBERKATI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *